VERENA SURE: SEMAKIN TERJEPIT SEMAKIN KREATIF

Kreatif sukses kerap dihubungkan dengan budget besar, pada kenyataannya kreatifitas dan budget adalah dua hal yang tak selalu berhubungan. Betapa banyak kreatifitas yang lahir dalam kondisi terjepit? Walaupun budget bisa membuat kreatifitas semakin maksimal.

Kreatif sukses kerap dihubungkan dengan budget besar, pada kenyataannya kreatifitas dan budget adalah dua hal yang tak selalu berhubungan.

Khairul Akbar

Kali ini saya ingin membahas tentang iklan kreatif, impactful dengan budget minimal. Studi kasus yang ingin saya angkat kali ini adalah Verena Sure, sebuah iklan pelangsing yang dibuat oleh McCann Bangkok.

Dari penelusuran yang saya dapatkan, Verena Sure adalah satu-satunya obat pelangsung OTC (Over-the-Counter) di Thailand. Sebagai obat OTC, Verena Sure memiliki banyak larangan dalam menjalankan marketing, tidak boleh klaim ini dan itu. Selain itu Verena Sure juga belum memiliki distributor, sehingga kesulitan untuk mengandalkan display product dalam strategi marketingnya.

CROWDED CATEGORY

Tantangan lain, Verena Sure harus mulai beriklan dengan 0 awareness, dan budget yang sangat terbatas. Klaim dari tim yang terlibat mereka tidak memiliki budget untuk paid, walaupun saya meragukan ini. Mungkin ada, tapi sedikit. Selain itu, Verena Sure memiliki pesaing level international, mulai dari vitamin, kopi, teh, kue dan apapun yang ujungnya ditambahi embel-embel “pelangsing.” Di Thailand, kategori “pelangsing” adalah kategori yang sangat padat saingan.

PRODUCT TRUTH + CULTURAL TRUTH

Untuk saya, yang menarik dari iklan ini adalah karena mereka menggabungkan “product truth” dengan “cultural truth”, ini adalah strategi yang digunakan oleh Popcult, kami menemukan pesan yang melakukan pendekatan melalui culture jauh lebih mudah diterima. Ingin mengenal Popcult lebih jauh bisa mengunjungi link ini.

Beberapa cultural truth yang mereka gunakan untuk membuat iklan ini di antaranya; bagaimana perempuan di Thailand ingin cara cepat menguruskan badan, mereka suka makan tapi tidak mau gemuk. Ini harus bisa dijawab oleh iklan yang ringan dan mudah dimengerti. Lalu iklan ini menggunakan karakter Polisi di Thailand yang sering secara tiba-tiba menghentikan pengendara di jalan. Lalu pemilihan medium dan jenis video yang dipilih juga berdasarkan habit para wanita di Thailand. Seluruh insight ini dibungkus dengan sangat baik oleh McCann Bangkok, menjadi sebuah video yang ringan, lucu namun tidak melupkana objektif utama dari marketing campaign ini, yaitu “jualan produk”.

Salah satu data yang menunjukkan bagaimana pencaharian video Verena Sure melonjak drastis di YouTube.

Menurut study hasil dari marketing campaign ini sungguh luar biasa.

Nextnya, silahkan dinikmati iklan yang menurut saya salah satu iklan terbaik di Asia selama 5 tahun terakhir.

Tagged with: